Iklan

Senin, 30 Desember 2019

7 Fakta Tanaman Buah Kelengkeng Super Manis Yang Jarang Di ketahui

7 Fakta Tanaman Buah kelengkeng Itoh Yang Wajib Anda Ketahui, Memiliki Rasa Yang Super Manis


Kelengkeng itoh merupakan salah satu varietas kelengkeng ungglan yang berasal dari perkawinan antara jenis kelengkeng diamond river dengan kelengkeng yang berasal dari Thailand. Tanaman buah Kelengekeng Itoh memiliki tampilan dengan daun yang lebar dan bergelombang. Adapun kualitas buah yang dihasilkan masuk dalam kategori unggul. Bagaimana semakin penasaran dengan si kelengkeng Itoh ini?. Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa keunggulan kelengkeng itoh super yang perlu diketahui.

Berikut ini beberapa keunggulan Tanaman Buah kelengkeng Itoh Yang Wajib Anda Ketahui : 

1. Memiliki Rasa yang Super Manis

Salah satu keunggulan utama kelengkeng Itoh ini adalah rasanya yang super manis. Hal ini tak lepas dari asal-usul kelengkeng jenis ini yang berasal dari hasil perkawinan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng dari Thailand yang dua-duanya termasuk didalamjenis kelengkeng yang memiliki rasa yang juga manis. Tingkat kemanisannya bahkan mencapai level 25 brix.

2. Memiliki Daging Tebal dan Berbiji Kecil

Keunggulan lain dari kelengkeng itoh adalah daging buahnya yang tebal denga biji biji buah yang kecil. Sehingga, masyarakat dapat menikmati kelengkeng/lengkeng dengan daging lebih besar dengan membeli kelengkeng/lengkeng super itoh.

3. Memiliki Tekstur Daging Kering dan Renyah

Daging buah kelengkeng itoh memiliki tekstur yang kering dengan sedikit air. hal ini membuat buah kelengkeng itoh dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa harus khawatir buah tersebut akan busuk. Berbeda dengan buah kelengkeng jenis tertentu yang dagingnya berair, yang berpotensi besar akan busuk ketika disimpan terlalu lama.

4. Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Membudidayakan lengkeng itoh ini dapat menjadi salah peluang investasi yang sangat menggiurkan, bagaimana tidak?. Tanaman buah kelengkeng itoh ini dapat berbuah tanpa mengenal musim atau diluar musim panen. kelengkeng itoh dapat dibuahkan pada bulan apapun. sehingga kita bisa menentukan kapan waktu yang kita inginkan agar pohon kelengkeng itoh berbuah. Namun untuk berbuah, bibit kelengkeng itoh membutuhkan rangsangan dengan pemberian obat atau nutrisi perangsang ini, maka setelah beberapa saat pohon kelengkeng dapat berbunga, lalu berbuah dan kemudian dapat dipanen petani.

5. Tingkat Produktifitas Tinggi

Pada setiap kali panen, pohon kelengkeng itoh super dapat dipanen dengan buah yang melimpah yang tentunya disukai petani. Berdasarkan pengalaman, pada setiap 1 pohon kelengkeng yang dipanen, 1 pohon tersebut dapat menghasilkan panen sebanyak 50-75 kg.

6. Dapat Berbuah di Dataran Rendah

Walaupun pada dasarnya kelengkeng itoh merupakan kelengkeng dataran tinggi, dengan perkembangan ilmu pengetahun, ternyata kelengkeng itoh juga mampu tumbuh dengan baik dan berbuah di dataran rendah.

7. Dapat di Tanam didalam Pot (Tabulampot)

Kelengekeng itoh super ini ternyata juga cocok dan asyik dipandang apabila ditanam di dalam pot (Tabulampot). Daunnya yang rindang dan buah kelengkeng yang bergelantungan menjadi daya tarik tersendiri. Dengan dipangkas secara rutin, pohon tidak akan tumbuh terlalu tinggi. Bila ingin mempercepat pembuahan bisa dilakukan pengeratan di batang pohon. Hal ini dipercaya bisa membatasi asupan nutrisi dari daun ke bagian lain dari pohon dan membuat nutrisi berkumpul di cabang tempat bunga akan muncul.

Berkebun tanaman lengkeng itoh ini juga dapat menjadi salah satu peluang usaha yang sangat mengiurkan karena lengkeng itoh ini memiliki tingkat produktifitas yang tinggi serta dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Jika anda berniat untuk berkebun lengkeng itoh ada baiknya mempelajari panduan budidaya lengkeng itoh agar cepat berbuah. Panduan ini meliputi pemilihan bibit itoh, pengelolaan lahan, tahap penanaman bibit lengkeng dan tahap perawatan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari

  Kopi merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, dampak konsumsi kopi kerap diperdebat...