Iklan

Sabtu, 28 Desember 2019

7 jenis Tanaman buah kelengkeng yang belum banyak diketahui

7 jenis Tanaman buah kelengkeng yang belum banyak diketahui

Tanaman buah kelengkeng merupakan salah satu tanaman buah-buahan unggulan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. tanaman buah ini menghasilkan buah yang bergelombol pada malainya. Buahnya berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Kulit buah kelengkeng rata-rata berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil (ada juga yang berwarna merah yakni kelengkeng ruby longan). Daging buahnya berwarna putih bening dan berair. Buah kelengkeng terkenal akan rasanya sangat amat manis dengan aroma yang harum khas. Bijinya berbentuk bulat berwarna hitam. pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa varietas kelengkeng unggulan yang paling cocok dibudidayakan dengan iklim Indonesia yaitu :



1. Kelengkeng Merah atau Ruby Diamond


  • Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah kelengkeng yang tergolong ekslusif. Kelengkeng ini memiliki keistimewaan pada tampilannya yang sangat menarik, bayangkan saja hampir semua bagian pohon ini memiliki warna merah yang seronok, mulai dari daun, batang hingga buahnya juga berwarna merah. Kelengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng rubi longan sangat cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. posturnya yang pendek dan sifatnya yang rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.



Kunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Merah atau Ruby Longan :
  • Daun : Lurus, agak tebal, berwarna merah kecokelatan
  • Tajuk : Postur Pendek, Rimbun dan Rajin berbuah
  • Buah : Berwarna merah seronok, Daging buah tebal, kering, kenyal, kadar gula 21 briks
  • Masa berbuah : 3,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : berbuah sepanjang tahun dari pohon berumur 1 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari

  Kopi merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, dampak konsumsi kopi kerap diperdebat...