Iklan

Minggu, 11 Februari 2024

Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari

 


Kopi merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, dampak konsumsi kopi kerap diperdebatkan. Bagi beberapa orang, kopi merupakan minuman yang akan menambah energi dan mendorong produktivitas. Namun, ada juga yang berpandangan bahwa kopi menjadi minuman yang dapat memicu beberapa penyakit seperti asam lambung.


Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat terjadi jika tubuh berhenti minum kopi selama 30 hari:

1. Berat Badan Turun: Berhenti mengonsumsi kafein yang ada dalam kopi berpotensi menurunkan berat badan. Efek ini akan lebih tampak jika Anda sering minum kopi dicampur dengan bahan lain, seperti gula, susu, creamer, atau bahan lainnya. Sebagai informasi, secangkir kopi dengan 2 sendok makan krim kental dan 2 sendok teh gula memiliki sekitar 130 kalori. Berbeda dari kopi hitam, segelas kopi susu dengan tambahan gula memiliki 250 kalori dan 33 gram gula. Jadi secara tidak langsung, berhenti minum kopi selama 30 hari memungkinkan berat badan untuk turun.

2. Gigi Lebih Putih: Orang yang rutin minum kopi cenderung memiliki gigi yang lebih mudah berubah warna menjadi kuning. Sebab, kopi mengandung zat tanin yang akan menempel di gigi.

3. Tidur Lebih Nyenyak: Kafein dalam kopi dapat memengaruhi kualitas tidur. Berhenti minum kopi selama 30 hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.


Ingatlah bahwa setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap berhenti minum kopi. Jika Anda ingin mencoba berhenti, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keputusan yang tepat bagi kesehatan Anda. ¹².


Sumber:

(1) 4 Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari, Apa Saja? - Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2024/02/11/130000465/4-manfaat-berhenti-minum-kopi-selama-30-hari-apa-saja-.

(2) 8 Manfaat Sehat dengan Berhenti Minum Kopi | Republika Online. https://ameera.republika.co.id/berita/quqcwm463/8-manfaat-sehat-dengan-berhenti-minum-kopi.

(3) Getty. https://media.gettyimages.com/photos/tooth-with-dental-mirror-picture-id1136317796?b=1&k=6&m=1136317796&s=612x612&w=0&h=dfFs9OF6u_1ADAertiR7HRi7_LQcJpqJDFXtlkg5ZnU=.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari

  Kopi merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, dampak konsumsi kopi kerap diperdebat...