Iklan

Selasa, 19 Maret 2019

IKAN GABUS JADI MAKANAN WAJIB DI KONSUMSI



Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakeheaddan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).
sumber:
https://id.m.wikipedia.org/

Ikan darat yang cukup besar, dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 m. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat giligmemanjang, seperti peluru kendali. Sirippunggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya.

Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.


Informasi dari berbagai sumber, ada sejumlah manfaat makan ikan gabus bagi tubuh Anda:

1. Untuk pembentukan otot

Daging ikan gabus banyak mengandung protein sangat tinggi. Dari 100 gram ikan gabus terdapat 25,2 gram protein. Ini sama dengan ikan lele dan ikan mas. Kandungan protein ini cukup besar, bahkan melebihi daging ayam. Daging ayam 100 gram hanya mengandung 18,2 gram protein. Daging sapi, telur dengan gram yang sama juga masih kalah.

2. Bisa cepat sembuhkan luka

Kandungan protein dalam daging ikan gabus bisa cepat menyembuhkan luka. Albumin adalah salah satu jeni protein yang penting untuk menyembuhkan luka.

3. Bagus untuk pencernaan

Tekstur daging ikan gabus yang empuk sangat bagus untuk pencernaan. Ikan gabus memiliki protein kolegan. Daging ikan ini juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti hepatitis, infeksi paru, typus, dan stroke.


Berikut ini kandungan dalam 100 gram ikan gabus: Kalori: 69 kalori, Protein: 25,2 gram, Lemak: 1,7 gram, Besi: 0,9 miligram, Kalsium: 62 miligram, Phospor: 76 miligram, Vit.A: 150 miligram, Vit.B: 0,04 miligram, Air: 69 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Berhenti Minum Kopi Selama 30 Hari

  Kopi merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, dampak konsumsi kopi kerap diperdebat...